Di era digital ini, media sosial bukan lagi sekadar tempat berbagi momen, tetapi telah berkembang menjadi alat ampuh untuk mendongkrak bisnis. Dengan miliaran pengguna aktif setiap hari, platform seperti Instagram, Facebook, dan TikTok menawarkan peluang emas bagi bisnis untuk menjangkau lebih banyak pelanggan. Sosmed Power adalah tentang bagaimana memanfaatkan kekuatan media sosial secara cerdas untuk membuat bisnismu melejit.
Yuk, kita ulas satu per satu tips and trick untuk bisa memaksimalkan penggunaan sosmed untuk keberlangsungan bisnis!
1. Lengkapi Profil Media Sosial
Salah satu hal yang penting dalam membangun brand awareness adalah image atau tampilan media sosial. Meskipun tampilan ini mungkin hanya dilihat sebentar, namun tidak menutup kemungkinan, dengan tampilan yang baik akan membuat orang lebih mudah teringat dan penasaran dengan produk kita.
Karenanya, profil media sosial kita haruslah mencantumkan semua informasi dasar secara lengkap, seperti alamat toko, nomor telepon, situs e-commerce dan sebagainya. Jika diperlukan, Sahabat Wirausaha dapat menyewa jasa seseorang yang profesional, misalnya di bidang design atau pembuatan konten dan sebagainya.
2. Fokus Pada Beberapa Platform Saja
fokuslah untuk mengelola beberapa platform saja. Kita tidak perlu memiliki akun untuk semua jenis media sosial. Selain itu, jika kita memaksakan untuk mengelola banyak media, terlebih jika sendirian dalam mengelolanya, maka konsentrasi kita bisa terpecah belah, akibatnya bukan hanya kita yang tidak fokus, namun data engagement konsumen juga bisa berantakan.
Maka dari itu, alangkah baiknya untuk bisa fokus pada beberapa platform saja, misalnya Facebook, WhatsApp, Tokopedia dan Shopee. Intinya, fokuslah pada platform yang memberikan feedback paling besar, kemudian sebisa mungkin memaksimalkan konten dalam media tersebut.
3. Gunakan Call to Action (CTA) pada Media Sosial
Seperti konten dalam suatu situs atau blog, CTA sangat disarankan untuk diterapkan dalam konten-konten media sosial, yang mana CTA ini merupakan sebuah ajakan untuk melakukan suatu tindakan. Ketika menggunakan CTA, Sahabat Wirausaha secara tidak langsung sedang memberitahu para calon pembeli terkait langkah berikutnya setelah melihat konten media sosial kita. Misalnya jika ingin calon pembeli mengunjungi situs e-commerce, maka kita dapat menggunakan kalimat seperti “klik di sini untuk informasi lebih lanjut”.
CTA juga dapat berupa kalimat ajakan seperti, “download sekarang juga”, “klik untuk mulai”, “mulai sekarang”, “klik untuk berlangganan”, “shop now”, dan sebagainya.
4. Gunakan Hashtag yang Tepat
Salah satu cara untuk membuat orang lain dengan mudah menemukan bisnis atau produk dari Sahabat Wirausaha adalah menggunakan hashtag yang tepat. Hashtag ini merupakan tanda “#” atau pagar yang diletakkan di awal kata tanpa spasi. Misalnya seperti #AnekaKeripik, #Jakarta, #MaduMurni, dan lain sebagainya. Penggunaan hashtag berfungsi untuk mengelompokkan konten dan memudahkan pencarian terkait topik tertentu.
Jadi, jika kita membuat hashtag seperti #Jakarta, maka konten kita akan masuk dan dapat terlihat dalam kumpulan konten yang memiliki hashtag yang sama. Cara ini juga membuat kita lebih mudah mendapat audiens baru di luar pengikut kita. Meskipun begitu, Sahabat Wirausaha harus memastikan penggunaan hashtag yang sesuai dengan topik atau konten dan tidak terlalu banyak atau berlebihan.
5. Monitor dan Evaluasi
Dalam mengelola media sosial, setelah konten dan iklan berhasil tayang, harus langkah untuk memonitor perkembangan dan melakukan evaluasi berkala terhadap media sosial yang dikelola. Namun, ada baiknya tidak dilakukan dalam selang waktu yang cukup lama hingga hitungan tahun. Evaluasi dan monitor dapat dilakukan dalam satu bulan sekali atau tiga bulan sekali.
Melalui proses monitor dan evaluasi ini, kita dapat menganalisis beberapa hal seperti konten yang efektif dan tidak, kapan waktu terbaik untuk merilis konten produk, bagaimana reaksi dari konsumen, sehingga dapat menentukan strategi seperti apa yang harus diambil ke depan agar lebih baik dan maksimal.
Nah, sudah mengerti kan sekarang cara memaksimalkan penggunaan media sosial untuk bisnis anda. Gak cuman itu, SLI juga menyediakan jasa untuk bisa memaksimalkan media sosial Anda untuk meningkatkan penjual Anda! jadi, tunggu apa lagi?